Restorasi.net – Gresik, Jawa Timur – Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) Kabupaten Gresik membuka Pendaftaran PKD (Panwaslu Kelurahan/Desa) di seluruh Kecamatan, tepatnya di 18 (Delapan Belas) Kecamatan yang ada di Kabupaten Gresik, Pendaftaran PKD (Panwaslu Desa/Kelurahan) ini dijadwalkan secara serentak di 18 (Delapan Belas) Kecamatan, salah satu diantaranya adalah Kecamatan Bungah.

Panwaslu Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik Jawa Timur, membuka Pendaftaran PKD (Panwaslu Desa/Kelurahan) sejak Sabtu (14/01/2023) dan akan berakhir atau ditutup pada Kamis (19/01/2023). 

Sebelumnya, Panwaslu Kecamatan Bungah melakukan Sosialisasi terkait pendaftaran PKD (Panwaslu Desa/Kelurahan), Sosialisasi dilakukan secara online (melalui medsos) dan secara Offline dengan datang langsung ke setiap desa, terhitung ada 22 Desa di Kecamatan Bungah. 

Ketika dibuka, tepatnya Pendaftaran di hari pertama terdapat 2 (dua) pendaftar PKD, dihari kedua ada 3 (tiga) pendaftar, sedangkan di hari ketiga terdapat 6 (enam) pendaftar, di hari ke empat ini ada 11 (sebelas) Pendaftar. 

Baca Juga:  1.068 Pendaftar PPS dinyatakan KPU Gresik Lulus Tes Wawancara

Ketua Panwaslu Kecamatan Bungah, Muchsin  Zuhad Al’asqolaini, Menyampaikan bahwa secara teknis pihaknya sudah melaksanakan tahapan pendaftaran PKD (Panwaslu Desa/Kelurahan) sesuai dengan Pedoman yang dibuat Oleh Bawaslu, diantaranya Ada Tahapan Pengumuman, Tahapan Pendaftaran, Tahapan Seleksi Administrasi, dan terakhir ada Tahapan Wawancara.

Lebih lanjut, Pria yang sudah beberapa kali menjadi Panwascam ini menjelaskan bahwa Sebelum dibuka kami sudah menyampaikan Pengumuman dan Jadwal Pendaftaran PKD (Panwaslu Kelurahan/Desa) ini ke semua desa yang ada di kecamatan Bungah, dan kami memastikan bahwa Pengumuman serta Jadwal yang kami sampaikan ini sampai pada Masyarakat, Selain Pengumuman dan Pamflet kami juga memasang Banner bertuliskan Bawaslu Memanggil: Pendaftaran PKD (Panwaslu Kelurahan/Desa) dibuka.

Jika melihat grafik pendaftar hari ini, setiap hari sejak dibuka ada peningkatan / kenaikan jumlah Pendaftar, dan biasanya akan membeludak di hari terakhir, biasanya seperti itu, Begitu Ungkapnya. 

Baca Juga:  MUI Gresik Tutup Tahun 2022 dengan Menjadi Juara Umum

Nantinya akan ada 1 (Satu) PKD di setiap Desa, PKD ini bertugas melaksanakan Tugas Pengawasan ditingkat Desa, mengawasi seluruh Tahapan Pemilu serentak 2024 yang sudah sejak Tahun 2022 berjalan Tahapannya, agenda terdekat yang menjadi Tugas PKD nantinya adalah pengawasan Pantarlih dalam melakukan Coklit (Pencocokan dan penelitian) yang harus dilakukan Door to door ( Rumah ke Rumah) tidak boleh dilakukan diatas meja. (SNAT)