Restorasi.Net – Gresik, Memasuki Tahapan Pemutakhiran Data Pemilihan, setelah melakukan rekrutmen Pantarlih dan mengalami perubahan jadwal, hari ini Minggu (12/02/2023) Pantarlih terpilih dilantik.

Sebanyak 3667 Pantarlih Sekabupaten Gresik hari ini sesuai jadwal yang ditetapkan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) dilantik oleh PPS, 12 Februari 2023.

Pada kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah/Janji secara serentak itu dilakukan pula kegiatan Bimtek untuk membekali Pantarlih sebelum melakukan Tugas Coklit (Pencocokan dan Penelitian) data pemilih.

Acara pelantikan & Pengambilan Sumpah/Janji serta Bimtek itu dilangsungkan di Setiap Balai Desa, Pantarlih mendapatkan seragam dan juga buku saku sebagai panduan melakukan Tugasnya.

Pantarlih terpilih diambil sumpah/janjinya oleh Ketua PPS, disaksikan oleh anggota PPS lainnya, Kepala Desa serta Undangan lainnya, selain itu PKD (Panwaslu Desa/Kelurahan) juga turut hadir untuk melakukan Tugas pengawasan.

Baca Juga:  BIMTEK Kedua PTPS, Terkait Penggunaan Aplikasi SIWASLU dan SIKENDALI diikuti 187 PTPS

Pada hari yang sama dalam rangkaian pengambilan Sumpah /Janji dan Bimtek juga dilakukan Apel siaga/Kesiapan Coklit Pemutakhiran data Pemilih.

Terlihat hadir saat pelantikan & pengambilan sumpah/janji dan Bimtek serta Apel siaga di desa Bedanten Kecamatan Bungah, Komisioner KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Gresik, Makmun, M.Th.I dan juga PPK Kecamatan Bungah.

Dalam melakukan Coklit (Pencocokan & Penelitian) Pantarlih akan mendatangi rumah setiap warga, door to door hal ini dilakukan untuk memperoleh data yang valid dan mutakhir sebagai upaya mewujudkan pemilu Luber Jurdil (SNAT)