Restorasi.Net – Gresik, 23 Hari menjelang Pemilu Serentak 2024 Panwaslu Kecamatan Bungah menggelar acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji serta Pembekalan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Se-Kecamatan Bungah, Kegiatan ini bertempat di Aula YPP Qomaruddin Bungah Gresik, Hari ini Senin, (22/01/2024).

Hadir pada Kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji PTPS ini, Camat Bungah Izzul Muttaqin, Kanit Intel Polsek Bungah Istihari, Ndanramil Bungah Sunandar, Ketua PPK Bungah Alek Salim, dan Staf Bawaslu Kabupaten Gresik, Fujifatul Aprilia.

Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) adalah pengawas pemilu yang bersentuhan secara langsung dengan masyarakat dan merupakan garda terdepan sebagai ujung tombak Bawaslu dalam melakukan pengawasan tahapan pemilu di setiap TPS pada Pemilu serentak 2024.

Ketua Panwaslu Kecamatan Bungah, Muchsin Zuhad Al’asqolaini dalam sambutannya menyampaikan selamat atas dilantiknya 187 PTPS Se-Kecamatan Bungah yang dilantik, ia berharap kepada seluruh PTPS yang baru saja dilantik agar dapat menjadi ujung tombak dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024 di kecamatan Bungah sehingga pemilu serentak 2024 ini dapat berjalan sesuai dengan peraturan perundang undangan, yang berlaku” Begitu ungkapnya.

Baca Juga:  Berburu Keberkahan Ramadhan, Kampus STIE NU Trate Gresik Gelar Kegiatan Berbagi Bersama Sahabat Yatim

Lebih lanjut, Muchsin Zuhad menyampaikan, bahwa PTPS mempunyai masa kerja selama satu bulan terhitung sejak dilantik atau 23 hari sebelum Pemilu serentak digelar, sampai 7 hari setelahnya. Saudara sekalian adalah orang-orang terpilih dan terbaik. saya percaya Saudara dapat menjalankan amanah yang besar ini dengan baik. Begitu Pungkasnya.

Camat Bungah, Izzul Muttaqin dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada PTPS Se-Kecamatan Bungah yang sudah dilantik hari ini, serta memberikan apresiasi serta dukungan dan terimakasih kepada penyelenggara Pemilu di kecamatan Bungah “Saya ucapkan selamat atas terpilih dan dilantiknya Pengawas TPS Se-kecamatan Bungah untuk pemilu serentak tahun 2024 di Kecamatan Bungah, Saya yakin bapak/ibu sekalian memiliki  kemampuan dalam melakukan tugas dan mengemban amanah untuk menjadi PTPS, lakukan koordinasi dan kerjasama yang baik sehingga tercipta pemilu yang aman dan damai, Jaga Netralitas Penyelenggara Pemilu” Begitu Ucapnya.

Baca Juga:  Ketua Bawaslu Gresik, Ingatkan SIMP Saat Kegiatan Rakernis Penanganan Pelanggaran Pemilu

Prosesi acara pelantikan dilaksanakan dengan pengucapan Ikrar Sumpah Janji Pengawas TPS Se-Kecamatan Bungah oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Bungah yang di ikuti 187 PTPS yang dilantik kemudian dilanjutkan dengan acara penandatanganan  secara simbolis berita acara dan Pakta Integritas.

Usai Pelantikan, PTPS Se-Kecamatan Bungah langsung diberi pembekalan dan pengarahan, oleh Komisioner Panwaslu Kecamatan Bungah hal ini dilakukan agar semua Pengawas TPS baik yang lama maupun yang baru akan memahami semua tugas, kewenangan dan tanggungjawabnya dalam menjalankan kewajibannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *