Sesuai PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) tentang Jadwal Tahapan pemilihan umum, yang sudah berjalan, hari ini  KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Gresik menggelar Pelantikan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), mereka dilantik setelah melalui proses seleksi ketat yang dimulai sejak 20 November 2022.

Sebagai Wujud komitmen dalam menyelenggarakan pemilu 2024 sesuai dengan asas luber jurdil (langsung, umum, bebas dan rahasia, jujur dan adil, 90 PPK Se-Kabupaten Gresik membacakan 11 Butir Pakta Integritas

Sebanyak 90 PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan),  yang dilantik oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) Gresik ini selanjutnya akan bertugas di setiap kecamatan di Kabupaten Gresik, untuk menjalankan Tahapan pelaksanaan Pemilu 2024, Pelantikan 90 PPK Panitia Pemilihan Kecamatan),  ini dilaksnakan di Hotel Aston Inn Gresik, Rabu (4/01/2023).

Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Gresik Akhmad Roni mengatakan, bahwa 90 orang PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) ini, akan menjalankan tugas KPU dalam persiapan sampai pelaksanaan Pemilu 2024, dengan formasi 5 orang di setiap kecamatan.

Baca Juga:  Gelar Halaqoh Ulama dan Umara, MUI Gresik Mengusung Tema Perdamaian

Pemilu merupakan arena konflik yang sah, guna meraih kekuasaan atau mempertahankan kekuasaan, Oleh dari itu, mari menjalankan Penyelenggaraan Pemilu ini, sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku, terlebih PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) saat  ini 40 persennya sudah punya pengalaman di Pilkada 2020 lalu, Komitmen KPU tetap sama, yaitu melaksanakan Pemilu 2024 dengan demokratis, berkualitas serta berintegritas, Ungkapnya.

Lebih lanjut, Ketua KPU Gresik Akhmad Roni, mengungkapkan “Ini penting bagi anggota PPK untuk wajib menjalankan tugas dengan penuh sungguh-sungguh, menekankan pada transparansi dan bertanggungjawab serta memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Terlebih, dalam menajemen konflik yang sangat mungkin akan terjadi, PPK harus tetap berpegang teguh pada aturan perundang-undangan yang berlaku.

Pelantikan PPK ini lanjutnya, dilaksanakan secara hybrid. Terdapat 80 anggota PPK yang hadir disini, mengikuti pelantikan secara langsung. Dan ada 10 PPK dari 2 Kecamatan yakni Kecamatan Tambak dan Sangkapura Pulau Bawean mengikuti proses pelantikan secara online.

Baca Juga:  1.068 PPS Terpilih Resmi dilantik Hari ini, Siap Jalankan Tugas

Terlihat Hadir, Ketua DPRD Kabupaten Gresik Abdul Qodir. Ketua DPRD mengucapkan selamat melaksanakan tugas kepada seluruh anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) yang di lantik, Abdul Qodir mengatakan, Kami dari DPRD Gresik juga akan berusaha mendorong pelaksanaan Pemilu yang berkualitas, dengan dukungan APBD yang akan kita upayakan ada alokasi untuk pelaksanaan Pemilu 2024,” ucapnya.

Selain itu Abdul Qodir juga menyampaikan bahwa problem Pemilu saat ini adalah cost (baca: biaya) Cost politik yang begitu mahalnya. Tentunya hal ini menjadi PR kita bersama yang harus terus di carikan solusinya. (SNAT)