Restorasi.Net – Gresik, Dua puluh dua orang yang terpilih sebagai Panwaslu Kelurahan/ Desa (PKD) se-Kecamatan Bungah, pada Senin (06/02/2023), secara resmi telah dilantik oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Bungah.

Dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah/Janji itu juga diadakan kegiatan  pembekalan dari Panwaslu Kecamatan Bungah dan Bawaslu Kabupaten Gresik.

Acara pembekalan dilangsungkan di Pendopo Kecamatan Bungah usai pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji. Seluruh Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) terpilih mengikuti dengan khidmat.

Ketua Panwaslu Kecamatan Bungah, Muchsin Zuhad Al’asqolaini memandu kegiatan pembekalan ini, hadir sebagai narasumber pada kegiatan pembekalan ini Kord Div SDMO Bawaslu Kabupaten Gresik, Maslukhin, M.Th.I.

Dalam Pembekalannya, Kord Div SDMO, menjelaskan tentang tahapan yang akan dihadapi dan harus diawasi oleh PKD, sebelum itu PKD harus memahami tugas, wewenang dan kewajibannya sebagai PKD sebagaimana telah diatur dalam undang-undang nomor 7 Tahun 2017.

Baca Juga:  Beri Tanggapan saat Pleno Terbuka, Ketua Panwascam Bungah Pertanyakan Tidak Lanjut Saran Perbaikan

Lebih lanjut, Maslukhin menekankan kepada PKD terlantik, untuk memahami dengan sungguh-sungguh regulasi yang mengatur tentang hal tersebut.

“Tahapan terdekat adalah pemutakhiran daftar pemilih yang akan dilakukan Pantarlih oleh karena itu agar PKD  memastikan semua rumah dicoklit oleh pantarlih, Jumlah Pantarlih sesuai dengan jumlah TPS yang ada, dan pastikan yang menjadi pantarlih ada orangnya, Pastikan Mutarlih dan Tahapan lainnya agar sesuai dengan aturan perundang-undangan.” Begitu Jelasnya.

“Selamat kepada PKD (Panwaslu Kelurahan/Desa) terpilih dan telah dilantik hari ini, Saya Percaya karena Panjenengan merupakan yang Terbaik dari sekian pendaftar yang baik, selamat menjalankan Tugas Pengawasan” begitu pungkasnya.

Kegiatan Pembekalan ini kemudian ditutup dengan perkenalan dari masing-masing PKD dan juga Staf Panwaslu Kecamatan dan Panwascam Bungah.

Sebelum berakhir diadakan  pemilihan koordinator PKD Se-Kecamatan Bungah, Abdulloh Mahrus PKD wajah lama Asal Desa Indrodelik terpilih secara Aklamasi. (SNAT)

Baca Juga:  Usai Ucapkan Sumpah/Janji, PKD Tanda Tangani Berita Acara