Restorasi.Net – Gresik, Panwaslu Kecamatan Bungah menggelar acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji serta Pembekalan Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kecamatan Bungah, Kegiatan ini bertempat di Pendopo Kecamatan Bungah, Senin, (6/2/2023).

Kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji serta pembekalan PKD ini di hadiri Camat Bungah, Kapolsek Bungah, Ndanramil Bungah, PPK Bungah dan Kepala Desa Se-Kecamatan Bungah.

Panwaslu Desa/Kelurahan adalah pengawas pemilu yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Selain itu Panwaslu Kelurahan/Desa juga merupakan garda terdepan serta Bawaslu dalam melakukan pengawasan tahapan pemilu serentak 2024.

Ketua Panwaslu Kecamatan Bungah, Muchsin Zuhad Al’asqolaini dalam sambutannya berharap kepada para PKD yang baru saja dilantik agar dapat menjadi ujung tombak dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024 di kecamatan Bungah sehingga pemilu serentak 2024 ini dapat berjalan sesuai peraturan perundang undangan,” Begitu ungkapnya.

Baca Juga:  Semakin Seru, Alchemy of Souls Sesion 2 tersisa 2 Episode

Lebih lanjut, Muchsin Zuhad menyampaikan, bahwa tugas besar menjadi PKD ini tentunya membutuhkan soliditas, integritas, mentalitas dan profesionalitas, SIMP ini haruslah dipegang oleh PKD dalam mengemban amanah serta tanggung jawab yang besar ini. Saudara sekalian adalah orang-orang terpilih dan terbaik. saya percaya Saudara dapat menjalankan amanah yang besar ini dengan baik. Begitu Pungkasnya.

Camat Bungah dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada PKD se-Kecamatan Bungah yang sudah dilantik hari ini, serta memberikan apresiasi serta dukungan kepada Panwaslu Kecamatan Bungah yang telah melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji serta pembekalan.

“Saya ucapkan selamat atas terpilih dan dilantik nya Panwaslu kelurahan/desa se-kecamatan Bungah untuk pemilu serentak tahun 2024 di Kecamatan Bungah, Saya yakin bapak/ibu sekalian memiliki  kemampuan dalam melakukan tugas dan mengemban amanah untuk menjadi PKD, lakukan koordinasi dan kerjasama yang baik sehingga tercipta pemilu yang aman dan damai” Begitu Ucapnya.

Baca Juga:  Berburu Keberkahan Ramadhan, Kampus STIE NU Trate Gresik Gelar Kegiatan Berbagi Bersama Sahabat Yatim

Kapolsek Bungah dalam sambutannya mengucapkan selamat dan berpesan agar PKD dapat menjalankan tugas pengawasan dengan baik, setiap periode pemilu memiliki tantangan dan hambatan sesuai dengan zamannya, Tugas Panjenengan adalah menyelesaikan itu semua, dulu tidak ada medsos hari ini ada medsos itu bedanya.

Ndanramil Bungah menuturkan bahwa Koordinasi merupakan kunci keberhasilan menjalankan tugas ke pengawasan dalam menghadapi pemilu serentak 2024 maka jangan lupakan koordinasi dan komunikasi begitu pesannya.

Prosesi acara pelantikan dilaksanakan dengan pengucapan Ikrar Sumpah Janji anggota Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kecamatan Bungah oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Bungah yang di ikuti 22 orang Panwaslu Kelurahan/Desa yang dilantik kemudian dilanjutkan dengan acara penandatanganan  secara simbolis berita acara pelantikan Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa dan Ketua Panwaslu Kecamatan Bungah.

setelah dilantik, semua anggota Panwaslu Kelurahan/Desa menjalani pembekalan dan pengarahan, hal ini dilakukan agar semua anggota Panwaslu Kelurahan/Desa baik yang lama maupun yang baru akan memahami semua tugas, kewenangan dan tanggungjawabnya dalam menjalankan kewajibannya.

Baca Juga:  Menjaga Hak Pilih, Panwascam Bungah Gelar BIMTEK Pengawasan DPHP

Dari 22 Desa PKD (Panwaslu Kelurahan/Desa) terpilih ini 7 Orang diantaranya adalah Orang lama sedangkan 15 orang PKD lainnya merupakan wajah wajah baru. (SNAT)