BEI (Bursa Efek Indonesia) hari ini Kamis 26/01/2023. Telah merilis daftar 6 (Enam) saham terbaru yang masuk pada kategori indeks saham LQ45. Daftar terbaru ini adalah hasil dari evaluasi yang dilakukan Bursa dan akan berlaku mulai 1 Februari 2023 mendatang.

Perubahan Daftar tersebut sesuai dan berdasar pada pengumuman IDX No.Peng-00018/BEI.POP/01-2023 dalam pengumuman tersebut terdapat 6 emiten yang akan menjadi penghuni baru saham berkategori Indeks LQ45 adapun 6 penghuni lama akan tergeser dan tergantikan posisinya.

Naik dan turunnya saham – saham tersebut di atas merupakan respon dari market atas informasi pergantian emiten kategori indeks LQ45 pada pembukaan perdagangan 26/01/2023.

Selain itu, hal ini juga dipengaruhi dan didorong atas kinerja emiten pada tahun 2022, dimana beberapa emiten tersebut mengalami kenaikan dan penurunan kinerja.

Pande Made Kusuma Ari, Kepala Devisi Pengaturan dan Operasional perdagangan Secara terbuka menjelaskan bahwa daftar dan jumlah saham yang digunakan dalam penghitungan indeks pada indeks-indeks tersebut akan efektif berlaku pada tanggal 1 Februari 2023. Kamis (26/1/2023).

Baca Juga:  Saatnya Si Miskin Menjadi Kaya, Robert Kiyosaki: Bangunlah Kuadran Anda!

Berikut adalah daftar pendatang baru pada Saham kategori LQ45, yakni: PT Ace Hardware Indonesia Tbk, Kode Emiten (ACES), PT AKR Corporindo Tbk, Kode Emiten (AKRA), PT Surya Esa Perkasa Tbk, Kode Emiten (ESSA), PT Surya Citra Media Tbk, Kode Emiten (SCMA), PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Kode Emiten (SIDO), serta PT Saratoga Investama Sedaya Tbk, Kode Emiten (SRTG).

Sedangkan daftar 6 (Enam) saham lama yang tergantikan posisinya dan tergeser dari kategori LQ45 adalah: PT BFI Finance Indonesia Tbk, Kode Emiten (BFIN), PT Erajaya Swasembada Tbk, Kode Emiten (ERAA), PT HM Sampoerna Tbk, Kode Emiten (HMSP), PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk, Kode Emiten (MIKA), PT Media Nusantara Citra Tbk, Kode Emiten (MNCN), dan PT Wijaya Karya Tbk, Kode Emiten (WIKA).

Baca Juga:  Wisata Kota Tua di Gresik itu bernama: Bandar Grisse

Itulah deretan daftar 6 (enam) saham terbaru kategori LQ45, selamat melantai di Bursa. (AT)